Tas merupakan salah satu fashion item yang sangat digandrungi kaum Hawa. Sekarang, tas bukan hanya sebagai wadah untuk menyimpan barang-barang saat bepergian, tetapi juga memberikan prestise tersendiri terhadap status sosial si pemakainya. Banyaknya orang yang jual tas branded juga menjadi bukti bahwa tas sudah menjadi bagian dari gaya hidup wanita modern.

Berbagai tas branded ditawarkan di pasaran. Pada dasarnya, tas branded terbagi menjadi dua kategori, yang pertama adalah tas branded yang benar-benar asli atau original 100% dan ada juga yang KW. KW adalah versi tiruan atau imitasi atau palsu. KW pun masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu KW 1 atau KW super atau premium ada juga KW 2, KW 3 dan sebagainya, tergantung pada kualitasnya.

Bagi orang awam, tentu membedakan tas branded yang benar-benar ori dengan yang KW super atau premium tentu masih agak sulit. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan saat hendak membeli tas branded.

Lihat harganya

Untuk merek-merek ternama seperti Gucci, Prada, Louis Vuitton, Chanel dan sebagainya jarang sekali dibanderol dengan harga diskon atau potongan harga. Jadi jika Anda menemukan toko yang jual tas branded dengan harga yang miring, bahkan jauh dari harga pasarannya maka itu bisa dipastikan adalah versi KW-nya.

Perhatikan desain dan struktur tas

Tas branded yang asli, dijahit ganda (double stitch) sehingga memiliki struktur tas yang kuat dan kokoh. Kualitas jahitannya pun tidak sembarangan, baik di bagian dalam maupun luar, jahitannya nampak rapi dan terstruktur dengan baik. Desain tas KW pun bisa jadi tidak selalu sama dengan versi original-nya, jadi Anda perlu melihat langsung pada katalog resmi merek tersebut.

Cek resletingnya

Produsen jual tas branded asli biasanya menggunakan resleting yang teksturnya agak kasar. Bagian kepala resleting biasanya juga menggunakan logo yang di-emboss  (cetak timbul). Resleting pada tas branded asli juga memiliki ukuran standar yang mana akan berganti modelnya seiring dengan pergantian musim.

Perhatikan tas pembungkus dan lapisan bagian dalam

Tas pembungkus (dust bag) dan juga inner pada tas branded umumnya berbahan halus dan ukurannya lebih besar. Dust bag pada tas KW biasanya seukuran dengan tas. Sedangkan pada bagian inner lining atau pelapis di bagian dalam, tercetak logo serta motif dari merek tas.

Tulisan made in

Perhatikan juga pada bagian tulisan made in-nya. Masing-masing tas branded yang original memiliki negara asal masing-masing. Misalkan Prada yang berasal dari Milan, Italia. Jika Anda menemukan toko atau orang yang jual tas branded murah merek Prada tapi made in-nya bukan Italy maka itu adalah tas KW.

Demikian cara mudah untuk membedakan antara tas branded original dan KW. Selamat berbelanja!